Choco Lava Cake

#terdodol2013 adalah gue keukeuh banget pengen bikin choco lava tapi belom pernah liat bentuk aslinya, apalagi makan.. pun resepnya ga punya pulak -__-!
Cuma gara-gara abis ngintip IGnya temen aja trus mendadak pede mau bikin sendiri 😀 😀 Gue pikir resepnya palingan mirip sama brownies, trus yang meleleh-leleh itu pasti dark cooking chocolate 😀 😀

Yang terjadi selanjutnya, gue tetep nekad bikin pake resep brownies, sempet mikir keras gimana caranya taruh potongan dark chocolate didalemnya supaya bisa meleleh pas dipotong.. Akhirnya setiap cup cuma gue isi separuh, panggang di oven sampe keliatan setengah mateng, baru deh potongan-potongan dark chocolate gue taruh dan gue tutup lagi pake sisa adonan, kebayang kan? Bener-bener cara baking yang aneh 😀

Etapi ternyata tetep jadi looh, cakenya lembut basah dan pas dibelah itu yang namanya dark chocolate mbeleber kemana-mana 😀 horeeeeh sakseiiiss!!! Anak gue pun doyan banget, nambah mulu..

image

Nah, barusan ini aja gue iseng browsing resepnya, nemu di Sajian Sedap, ternyata salah total sodaraaaa sodaraaaa… hahahaaaah.. bodo lah, punya gue juga endeus surendeus kok :p

Btw, ini resepnya yang bener:

bahan:
150 gram dark cooking chocolate, potong-potong
75 gram mentega tawar
4 butir telur
1/4 sendok teh garam
125 gram gula pasir
75 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder

bahan taburan (aduk rata):
1/2 sendok makan gula donat
1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Lelehkan potongan dark cooking chocolate dan mentega dalam wadah yang direndam air panas, sampai larut. Sisihkan.
2. Kocok telur, garam, dan gula pasir 5 menit sampai kental. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan campuran dark cooking chocolate. Aduk rata.
3. Tuang di cetakan muffin pendek besar yang dioles margarin .
4. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 13 menit sampai matang.
5. Segera balik dan sajikan hangat setelah ditabur bahan taburan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s