Tips Memasak dengan Slow Cooker

Kalau ngobrolin peralatan MPASI yang paling awet kepake sejak awal MPASI sampe sekarang (udah ga bisa dibilang MPASI lagi deh..) jagoannya ya si slow cooker ini. Dari cuma untuk bikin bubur beras sampe akhirnya kepake buat bikin sop buntut.
Tapi walaupun udah berkali-kali pakai slow cooker tetap aja ada melesetnya, salah perhitungan waktu dan tekstur bahan makanan biasanya.
Kebeneran kemarin mom Yudith Mangiri, Makmodnya milis mpasi rumahan sharing tips and trick make slow cooker yang baik dan benar 😀
Aku copas di sini aja biar gampang..

***
Resep bubur saring pake slow cooker mah gampiiiil banget, tinggal ngikut aja resep dari mana-mana yang mama dapat (di file milis juga ada) yang menggunakan kompor tapi dengan beberapa tips penggunaan slow cooker.
Karena sistem dasar memasak bubur saring dengan slow cooker itu sama saja: Beras/Kentang/Ubi + Daging Ayam/Daging Sapi + Air Matang, masak kurleb 3,5 jam (HIGH) atau 5,5 jam (LOW). Setelah itu tambahkan sayuran parut/ iris diatasnya, masak lagi selama 30 menit.
Voila! Jadi deeeeeh 😀

Nih saya kasi tips seputar memasak dengan slow cooker yaaaaa:

Tips dasar SC
· Jangan memasukkan makanan beku ke dalam SC, perubahan suhu yang drastis bisa merusak gizi makanan, lho.
· Letakkan bahan makanan yang teksturnya lebih keras di bagian paling bawah pot.
· Sayuran segar seperti kentang, wortel dan bawang bombai diletakkan di dasar panci, di bawah daging, supaya matang lebih cepat. Sayuran berakar cenderung matang lebih lambat dari pada daging. Bisa juga sayuran dimasukkan satu jam sebelum masakan selesai dengan diiris halus atau diparut.
· Jangan membuka penutup selama memasak karena akan menyebabkan uap kelar dan memperlambat proses memasak. Untuk mengecek proses memasak, miringkan sedikit penutup sehingga uap keluar untuk memudahkan melihat ke dalam pot.
· Pot atau panci dalam SC sekurang-kurangnya harus terisi setengah untuk hasil masakan lambat yang baik. Untuk mencegah meluap saat memasak, jangan mengisi cairan hingga batas pot, maksimal 4 cm di bawah bibir pot.
· Untuk menghemat waktu pemasakan, gunakan air atau kaldu yang sudah dipanaskan. · Buang kulit unggas dan lemak daging lainnya yang berlebihan sebelum dimasak.

Menambahkan bahan makanan tertentu di akhir waktu memasak
· Pasta, seafood, susu, krim atau santan sebaiknya ditambahkan 15–30 menit sebelum SC dimatikan.
· Sayuran yang lembut seperti: tomat, jamur, sukini ditambahkan 30 menit sebelum masakan selesai dimasak. Beberapa ibu ada yang memasukkan sayuran saat terakhir dengan diiris halus atau diparut, jadi tidak terlalu lama proses memasaknya.
· Gunakan air atau kaldu yang sudah dipanaskan untuk menghemat waktu pemasakan.
· Bumbu masak seperti garam, merica bubuk dan rempah-rempah ditambahkan pada akhir memasak.

Beberapa menu makanan yang pas dimasak dengan SC
· Paling ideal untuk memasak hidangan berkuah, setup (stew) atau memanggang.
· Selama ini saya sudah mencoba beberapa resep seperti: nasi tim, bubur ayam, membuat stok kaldu, sup buntut atau iga, gudeg, opor.

Penyesuaian resep makanan
· Banyak hal yang bisa mempengaruhi seberapa cepat resep akan tersaji. Air dan kandungan lemak makanan, temperatur makanan dan ukuran makanan semuanya akan mempengaruhi waktu memasak. Makanan yang dipotong-potong akan matang lebih cepat.
· Kebanyakan daging atau kombinasi sayur memerlukan sekurang-kurangnya 4-6 jam dengan penyetelan High.
· Resep apapun dapat dimasak dengan SC, yang penting perhatikan untuk mengurangi jumlah cairannya dari seperempat sampai setengah dari jumlah yang tertera dalam resep biasa.
· Umumnya masakan akan matang sekitar 6-8 jam untuk setting LOW atau 4-6 jam untuk setting HIGH.
***

Thx mom Yudith 🙂

Advertisements

One thought on “Tips Memasak dengan Slow Cooker”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s