Klapertart Bandung

image

Minggu-minggu terakhir kehamilan, ayah jadi rajin beliin kelapa muda, biar nanti pas lahir si adek bersih katanya para ortu. Aku sih senang-senang aja, emang doyan air kelapa sih, segeeer banget diminum siang-siang walaupun ga pake gula.
Nah, daging kelapa mudanya jadi lumayan numpuk nih.. kesempatan buat bikin klapertart yang penuh dengan daging kelapa krenyes-krenyes, bayanginnya aja udah bikin ngeces-ngeces 😀
Tapi sayangnya Arka ga suka dengan semua kue yang bertekstur lembek gitu, jadi kalau aku buat klapy manado atau klappy wilton udah pasti ga bakalan disentuh sama dia, terus keingetan sama klapy yang ngehits di Bandung, teksturnya lebih kering tapi tetap lembut di mulut.. gugling dan nemu resep klapy ala Bandung itu di webnya Sajian Sedap, tapi resep aslinya aku modif lagi.
Hasilnya enyaaaak.. ga terlalu lembek tapi lembut banget, orang serumah doyan semua, yaay!!

image

BAHAN-BAHAN

Bahan I
• 200 ml susu cair
• 100 gr susu kental manis putih
• 30 gr margarin
• 30 gr unsalted butter
• 1/2 sdt garam halus
• 100 gr terigu
• 1 sdt bubuk vanila susu

Bahan II
• 3 butir telur
• 50 gr gula pasir

Bahan III
• 150 gr daging kelapa muda, cincang kasar
• 3 sdt pasta rhum

CARA MEMBUAT

Bahan I
1. Rebus susu cair, skm, margarin, butter, dan garam sampai berbuih.
2. Masukkan bubuk vanila susu dan terigu secara bertahap, aduk rata hingga kental, sisihkan dan biarkan dingin.

Bahan II
Mix telur dan gula hingga smooth, turunkan kecepatan, masukkan adonan bahan I secara bertahap sampai benar-benar rata, matikan mixer.

Bahan III
Masukkan bahan III kedalam campuran bahan I dan II, aduk dengan spatula, tata di loyang beralas kertas roti dan sudah dioles margarin.
Oven dengan suhu 180°C selama 40 menit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s