Top Selfie Pinusan Kragilan: Surganya Pecandu Selfie

Selama ini kita mengenal bermacam jenis wisata seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata museum, wisata candi, dan sebagainya. Tapi tahu nggak sekarang ada jenis wisata baru bernama wisata selfie? 

Hehee lucu yaa.

Jadi wisata selfie ini maksudnya untuk menyebut tempat-tempat wisata yang jika dipandang mata terkesan biasa tapi memiliki beberapa spot bagus untuk berfoto, nah spot ini nanti yang bakal jadi cantik setelah masuk kamera, dengan catatan si juru foto memiliki skill dan feel fotografi yang lumayan agar mampu membuat tempat ini kelihatan lebih indah di foto, singkatnya: Instagramable! 

Yang masuk dalam wisata selfie ini misalnya Kalibiru (Iya buat saya Kalibiru baru kece setelah berbentuk JPEG), Pantai Goa Cemara, dan yang baru saja kami kunjungi: Hutan Pinus Kragilan di Magelang yang lebih terkenal dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan.

Hutan pinus kragilan ini sebenarnya biasa saja, pun nggak seluas hutan pinus mangunan, tapi udaranya lebih dingin karena terletak di dataran tinggi lereng Gunung Merbabu, jadi nggak heran kalau sepanjang jalan menuju ke Top Selfie Pinusan kita bakal disuguhi pemandangan cantik dari Merbabu dan Merapi dengan hamparan kota Magelang di bawahnya.

Pemandangan menuju Top Selfie

Top Selfie Pinusan berlokasi di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis yang merupakan kecamatan paling ujung dari Kabupaten Magelang. Kita bisa melewati 3  jalur alternatif untuk sampai ke sini:

1. Jalur Blabak

Dari Muntilan masuk ke Blabak sampai Ketep lalu ambil jalur kearah Kopeng. Top selfie pinusan terletak kurang lebih  4 km dari Gardu Pandang Ketep Pass, disebelah kiri jalan.

 Menyebut Ketep Pass, kalau kita punya banyak waktu sebaiknya mampir dulu ke sini, kita bisa menikmati kegagahan Merapi dari gardu pandangnya. Disekitar Ketep Pass juga banyak kebun strawberry yang membolehkan kita memetik sendiri buahnya, mirip di Lembang gitu deh. 

2. Jalur Kopeng

Kalau kita dari Kopeng ambil jalur kearah Ketep, setelah memasuki daerah Kaponan gapura Top Selfie akan terlihat di kanan jalan.

3. Jalur Candimulyo

Dari arah Candimulyo menuju Kaponan kita akan menemukan pertigaan jalur Kopeng – Ketep, lalu ambil arah kiri dan nanti gapura Top Selfie akan kelihatan di kiri jalan.

Masih bingung juga? Buka Waze atau Google Maps dong ah 😀

Nama Top Selfie konon di cetuskan oleh warga sekitar Kragilan sendiri. Warga Kragilan juga yang mengembangkan, mengelola, dan mempromosikan tempat ini hingga menjadi booming seperti sekarang. 

Mereka menyediakan banyak spot keren untuk berfoto. Spot yang paling diburu pengunjung adalah jalan turun selepas pintu masuk menuju parkiran dengan jajaran pohon pinus di sisi kiri dan kanan jalan. 

Ada juga ayunan kayu berlatar latar rimbunnya hutan dan beberapa panggung bambu yang bisa kita pakai selfie atau wefie sampai kemeng.

ayunan kayu diantara rerimbunan pohon
panggung bambu tempat selfie
 
berlatar kebun sayur di sekitar hutan pinus
 
Banyak juga pasangan yang memilih tempat ini untuk foto prewed mereka, dalam satu minggu rata-rata ada tiga pasangan yang berfoto di sini.

Seperti kebanyakan tempat wisata, datang ke sini saat weekend mirip kalau kita mengunjungi pasar malam, bejubel! 

Padahal yang namanya hutan itu kan identik dengan suasana yang sepi, nah gimana bisa dapat foto dengan suasana hutan syahdu kalau backgroundnya pasar malam? Di sinilah kemampuan kita mengambil angle foto diuji, makanya disebut wisata selfie 😀

Dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB pengunjung hanya perlu membayar Rp.10.000,00 jika membawa mobil dan Rp.3.000,00 jika membawa motor. Selain berburu foto kita juga bisa melakukan kegiatan Flying Fox hanya dengan tarif Rp.10.000,00.

Fasilitas di sini sudah lumayan lengkap dan bersih, ada toilet, tempat sampah, dan beberapa warung makan. Tempat parkir pun sudah dikelola dengan sangat baik oleh warga sekitar hanya dengan tarif seikhlasnya. 

#eh
 
Oh ya, sebelum berangkat pastikan dulu kendaraan kita ada dalam kondisi terbaiknya ya, karena walaupun jalur yang ditempuh nggak ada apa-apanya dibanding Kalibiru tapi tetap ada tanjakan yang lumayan bikin deg-degan.


Selamat piknik temans, selalu jaga kebersihan dan hormati alam yaa 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Top Selfie Pinusan Kragilan: Surganya Pecandu Selfie”

  1. Jalurnya banyak pohon pinus ya mbak? Jd keinget jalur menuju rumah nenekku di Pacitan jg dulu 😀
    Aku suka bau aroma pinus saat mendung, abis gerimis 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s